Jumat, 04 Maret 2011

Function 1

Fungsi merupakan suatu potongan program yang memberikan suatu hasil. Karena memberikan suatu nilai fungsi tidak dapat berdiri sendiri melainkan memerlukan suatu tempat untuk menampung.

Untuk mendefinisikan suatu fungsi kamu harus memulai dengan kata "function" yang diikuti oleh nama fungsi tersebut. Contohnya dalam program seperti ini.



Program Func1;
Uses Crt;

Var
  A, B : Integer;

Function Ambil : Integer;
Begin
  Ambil := 100;
End;

Begin
  Clrscr;
  B := 10;
  A := B * Ambil;
  Writeln('Hasil di A = ',A);
  Readln;
End.

Bila kamu lihat pendefinisian "Function Ambil : Integer;" berarti bahwa nama fungsi yang didefinisikan adalah "Ambil" dan bertipe integer. Arti tipe disini adalah fungsi ini akan menghasilkan suatu nilai integer.

Isi fungsi tersebut cukup singkat yaitu memberi nilai fungsi tersebut dengan 100. Cara pemberian nilai ini perlu kamu perhatikan, yaitu dengan memberi kalimat persamaan, dimana di sebelah kiri persamaan adalah nama fungsi dan di sebelah kanan persamaan berisi nilai atau variabel yang akan dikembalikan fungsi tersebut. Kalimat ini tidak boleh merupakan suatu operasi aritmatik karena bila diberikan operasi aritmatik terdapat kemungkinan menghasilkan suatu kesalahan.

Perlu kamu lihat juga cara pemakaian fungsi. Pada program induk fungsi "Ambil" dikalikan dengan "B". Yang dikalikan disini bukan program yang terdapat di fungsi "Ambil" tetapi hasil dari fungsi "Ambil" tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar